Muhammadiyah Kini Hadir di Tiongkok

Kehadiran Muhammadiyah di Tiongkok ditandai dengan dilantiknya pengurus Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Tiongkok-Beijing oleh Prof. Dr. H. Suyatno, M.Pd. selaku Bendahara Umum yang mewakili Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada hari Selasa 17 April 2018 atau bertepatan pada 1 Sya’ban 1439. Pelantikan ini disaksikan langsung oleh Dr. Sudarnoto Abdul Hakim sebagai perwakilan Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Dr. Rohimi sebagai perwakilan Pimpinan Pusat Aisyiah, serta rombongan rektor dan staf Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

Ketua Umum PCIM Tiongkok-Beijing terpilih, Faqih Maarif, mengungkapkan rasa syukurnya atas terlaksananya acara pelantikan ini dengan lancar. Dia mengharapkan doa serta dukungan dari semua pihak agar dirinya dan pengurus lain tetap istiqomah menjalankan amanah ini.

Sementara itu,   Sudarnoto Abdul Hakim, juga menyatakan rasa syukurnya atas didirikannya PCIM Tiongkok-Beijing. Dakwah Muhammadiyah dapat berlangsung dimanapun dan kapanpun kapanpun juga. Sudarnoto menambahkan bahwa berdirinya PCIM Tiongkok-Beijing adalah buktiotentik bahwa inisiasi secaraterus menerus untukmembumikan dan mengembangkan gerakan amar ma’ruf nahi munkar di mana saja,  sebagaimana yang diperjuangkan oleh KH. A. Dahlan tidak pernah berhenti. Dan insya Allah akan menuai hasil kerahmatan di bumi.

Dalam kesempatan yang sama,  Prof. Suyatno menyatakan bahwa peresmian PCIM Tiongkok adalah salah satu upaya menindaklanjuti mandat Muktamar ke-46, yaitu internasionalisasi gerakan dakwah Muhammadiyah.